Sunday, November 18, 2012

Lomba Cerpen pemerintah :)


Membahagiakan Sesamaku


Pagi ini, seperti biasa, Avelina bangun untuk memulai aktivitasnya di sekolah. Jam menunjukkan pukul 05.30, matanya masih merem-melek, karena semalam ia menonton konser idolanya hingga pukul 12 malam. Dengan langkah gontai, ia berjalan menuju kamar mandi. Tak lama kemudian, ia sudah selesai mandi & berseragam. Setelah ia menyisir rambutnya, ia segera turun ke lantai 1 untuk sarapan.
“Morning ma.”“Morning sayang. Ayo sarapan.”“Ok, ma. Hmm.. Ntar sore aku sama Marcelia mau shooping mom.”“Shooping lagi ?!! Astaga, Vel, lo kemarin kan udah beli barang-barang serba SuJu.”protes Tristan, kakaknya. “Iya kak, tapi kemarin di BBm ada yang broadcast gitu, ada barang baru lagi, lebih bagus daripada yang kemarin aku beli. Aku juga mau beli sepatu high heels warna putih.”jawab Avelina panjang lebar.
“Velina, apa nggak bisa ditunda beli barang nggak pentingnya ?”tanya papanya. “Kok barang nggak penting sih pa ? Itu barang yang gambarnya idola, Velin, pa. Velin di sekolah kan terkenal dengan sebutan Elf yang maniak. Masa iya, Velin nggak punya barang terbarunya idola Velin sih ?”protes Avelina. “Tapi kan nggak harus beli semua kan ?”tanya papanya lembut. “Ayo lah pa.. Ntar apa anggepan anak-anak pa ??”
Karena rayuan Avelina & kedua orang tuanya yang sayang pada Avelina, akhirnya Avelina di perbolehkan shooping. “Makasih ma, pa.. Velina berangkat dulu yaa..”pamit Avelina sambil berjalan menuju ke garasi. “Ayo pak kita berangkat.”ucap Avelina pada sopirnya. Tristan tidak pernah berangkat bareng Avelina lagi, sejak dia memiliki sepeda motor kesayangannya. 15 menit kemudian, Avelina sudah sampai di depan pintu gerbang sekolahnya, SMAK Frateran.
“Pagi elf maniak..”sapa Nanda, teman sekelasnya, saat ia berjalan menuju kelasnya. “Pagi juga, Nan. Kamu kan juga elf.”“Tapi nggak semaniak kamu, Vel. Hahha..”jawab Nanda sambil berjalan menuju tempat duduknya. Tak lama kemudian, Marcelia, sahabatnya yang juga elf maniak datang. “Annyeong haseyo, my bebz, Velinaa..”ucap Marcelia “Annyeong haseyo, Celiaaa.. Ntar sore jadi shoopimg kan ?”
“Of course dongg.. Hmm.. Kamu tau nggak, si Yesung tuh, keren banget tadi malem. Aku sampe kagum liatnya.”“Yesung sih kalah sama Kim Bum. Dia lebih keren, apalagi waktu nyanyi Sorry-sorry. Wuaaaahhh..”komentar Avelina tak mau kalah. “Nggak bisaaa.. Yesung is the best pokoknya. Oh iya, kamu tau nggak baju yang di pake sama personil SuJu ?? Yang jaketnya glow in the dark itu loh.”“Iya aku tahu. Emangnya kenapa ?”
“Indonesia produksi loh.. Cuma nggak tahu sih harganya berapa.”“Hah ?!?! Masa sih ?! Kamu yakin ?!?! Di Surabaya udah ada yang jual ?!?!”tanya Avelina menggebu-gebu. “Hmm.. Bentar, tadi pagi sih ada yang broadcast gitu, tapi, bentar ya aku tanyain sama yang jual dulu.”jawab Marcelia sambil mengetik di BBnya. Tak lama kemudian, bel tanda masuk berbunyi. Murid di kelas Avelina mulai ramai memasuki kelas.
Selamat pagi anak-anak semua. Mari kita persiapkan diri kita untuk doa pagi. Diharapkan seluruh murid untuk berdiri.”ucap suara yang menggema dari sound system di kelas X-E, kelas Avelina. Anak-anak pun langsung berdiri dari tempat duduk mereka masing-masing. Segera, suara dari sentral melanjutkan untuk berdoa. “Selamat pagi, anak-anak..”ucap seorang guru yang masuk, yang tak lain adalah Bu Tuti, guru matematika mereka.
“Sekarang buka buku kalian halaman 35, kita akan belajar SPLDV.”“Ah, itu sih gampang. Ayo kita bahas SuJu konser semalem lagi, Vel.”“Iya dong.. SPLDV sih gampang ajaaa..”jawab Avelina menimpali. “Eh, ntar sore kita mau jalan kemana nih ?”“Hmm.. Ke TP aja dulu, trus ke GM, Royal.”“Kalau sempet ke PTC aja skalian.”saran Marcelia. “Hmm.. Apa nggak kemaleman Cel ? Ntar aku malah dimarahin mama papa aku.”jawab Avelina sambil setengah berbisik.
“Avelina, Marcelia !! Jangan berbicara saja !! Perhatikan materi di depan.”bentak Bu Tuti, yang tentu saja membuat seisi kelas menoleh ke arah mereka berdua. “I..Iya bu..”jawab Avelina gugup. Saat Bu Tuti mulai menjelaskan lagi, Avelina berbisik, “Cel, kita sambung waktu istirahat ya. Aku takut Bu Tuti negur kita lagi.”“Yahh.. Kok nggak seru gini sih ?? Hmm.. Kita ngomongnya bisik-bisik aja. Biar nggak ketahuan.”saran Marcelia.
Sebenarnya, dalam hati Avelina ingin sekali menolak ajakan Marcelia. Tapi disisi lain, dia juga nggak kepingin kehilangan temen kaya Marcelia yang bisa diajak ngomong tentang SuJu. Karena temannya yang lain nggak ngfans sama SuJu, ada yang ngfans sama 2PM, 2AM, BigBang, SNSD, T-Ara, dll. Akhirnya, Avelina melanjutkan lagi bisik-bisiknya tentang SuJu sampai waktu istirahat tiba. “Eh, Cel, gimana jaket glow in the darknya ?? Ada ??”
“Katanya sih nggak ada, Vel. Soalnya mereka belum produksi untuk di Surabaya. Tapi kalau kita mau pesen, mereka mau nganter kesini, Vel.”“Hmm.. Nggak usah deh, Cel. Pasti mahal banget, plus ongkos kirim juga.”“Iya, Vel. Berarti kita nunggu jaketnya beredar di Surabaya dong ??”“Iya, Cel. Mau gimana lagi.”jawab Avelina lesu.

Saat pulang sekolah..

“Akhirnya pulang sekolah jugaa..”ucap Marcelia senang sambil menghirup nafas panjang-panjang seperti orang yang baru merasakan udara segar. “Iyaa.. Terus gimana nih ?? Kita langsung pergi ke TP ?”tanya Avelina. “Hmm.. Enaknya gimana ya ?? Kamu bawa baju ganti emang, Vel ?”“Nggak lah, Cel. Buat apa ?? Pake baju sekolah aja. Kita kan murid yang cinta sekolahh..”jawab Avelina sambil cengengesan.
“Tapi ntar kalau ada koko-koko yang keren gimana ? Ngeliat aku yang dengan muka berantakan gini ??”“Ya ampun, Celia, please deh. Udah kita berangkat aja, apa gunanya toilet ?”jawab Avelina sambil menarik Marcelia menuju mobilnya. “Pak, kita ke TP yaa..”perintah Avelina pada sopirnya. “Loh, non, kok ke mall ?? Memangnya non sudah ijin sama Ibu ?”“Udah, pak, tadi pagi. Sekarang kita ke TP pokoknya.”“Baik non.”
Avelina mencoba menelepon mamanya, saat mobilnya menuju ke TP. “Halo, mama ? Ma, aku langsung sekarang ya perginya. Ini aku udah perjalanan ke TP ma. Iya maa.. Da mama..”ucap Avelina sambil menutup teleponnya. “Kamu bawa uang berapa, Vel ?”“1 juta, Cel. Kenapa ?”“Hmm.. Aku cuma bawa 300 ribu, Vel.”“Cukuplah, Cel. Kalo kita nyewa SuJu baru nggak cukup, Cel. Hahahaa..”goda Avelina.
“Pak, bapak cari parkiran sendiri ya, aku sama Celia, turun disini.”perintah Avelina saat dirinya & Marcelia tiba di depan TP. “Baik, non.”“Wew, ramai juga ya.. Padahal ini kan hari kerja.”“Yee.. Kita kan dateng jam 2an, Vel. Pasti mereka udah ada yang pulang lah.”“Hmm.. Iya sih. Eh, ayo kita ke toko SFE.”“Emang kamu mau beli apaan sih disana ?”“Hmm.. Jam tangan kaya yang dipake sama Kim Bum kemaren waktu konser.”
“What ?? Berarti mereka juga jual sepatu yang dipake sama Yesung dong ??”“Of course, Celia. Makanya, ayo kita kesana, ntar keburu barangnya sold out.”jawab Avelina sambil menarik tangan Marcelia menuju toko yang ditujunya. Setelah mereka menemukan barang yang mereka inginkan, mereka menuju salah satu restoran siap saji yang ada disekitar sana. “Huftt.. Capek banget nih. Tapi seneng juga sih, udah nemuin sepatu yang dipake sama Yesung.”
“Nggak apa-apa nih, Vel, aku pinjem uang kamu ?”“Nggak apa-apa lah, Cel. Kamu kan temen aku.”“Tapi gara-gara aku, kamu nggak jadi beli high heels.”“Ya ampun, Celia. Nggak apa-apa, beneran deh. Soal high heels, aku bisa minta mama beliin kok.”“Beneran ?”“Bener, Cel..”jawab Avelina sambil tersenyum. “Makasih, Vel. You’re the best friend ever I have.”

Pukul 20.30, di rumah Avelina..
“Ma, Pa, Velina pulang.”ucap Avelina saat ia tiba di rumah. “Astaga, non, jam segini kok baru pulang sih ?”tanya Mbak Nem, pembantu Avelina. “Aku habis shooping mbak. Liat nih, jam tangannya Kim Bum yang aku beli tadi.”“Velina !! Apa-apaan kamu ?!?!”bentak papanya yang melihat Avelina yang sedang memamerkan jam tangan barunya. “Papaa, liat nih jam tangannya Kim Bum.”“Kamu itu ! Kenapa bisa pulang semalam ini ?!?!”tanya papanya geram.
Avelina hanya menunduk, tidak berani menatap papanya. “Velina, habis shooping pa, beli jam tangan kaya punyanya Kim Bum.”jawab Avelina sambil ketakutan. “Tapi kenapa kamu pulangnya malam ?!?! Apa tidak bisa pulang sore ?!?! Mulai saat ini, papa nggak akan bolehin kamu buat shooping sendirian lagi, kecuali waktu kamu pergi sama mama & papa.”“Tapi, pa..”“Nggak ada tapi-tapi. Ini salah kamu sendiri, apa kamu nggak sadar besok kamu masih sekolah ?!?!”
Avelina hanya diam saja, dia merasa bersalah, padahal niatnya tidak ingin sampai malam seperti ini, tapi ia menemani Marcelia, hingga ia dijemput mamanya. Saat Avelina mengangkat kepalanya, ia menatap wajah papanya yang tersirat wajah kecewa, maafin Velina pa, ucap Avelina dalam hati. Lalu, papanya meninggalkannya berdua di ruang tamu, bersama Mbak Nem. “Non, yang sabar ya. Bapak sudah khawatir mencari non, tadi. Soalnya hp non mati katanya.”
Avelina segera mengecek hpnya, hpnya mati. Lowbat. “Hp aku lowbat mbak, makanya mati.”“Walah, ya mbak ndak tahu non. Yang jelas bapak tadi nesu gara-gara non, ndak bisa dihubungin.”“Ya udah, mbak, aku naik ke kamar dulu ya.”“Nggih non..”

Minggu, 16 Agustus 2012..
Tok.. Tok.. Tok.. “Non..”ucap Mbak Nem dari luar kamar Avelina. Avelina yang masih tertidur, kaget & segera beranjak dari tempat tidurnya. “Apa mbak ?”tanya Avelina sambil membuka pintu kamarnya. “Bapak sama Ibu lagi nunggu non, di bawah, non.”“Hah ? Emangnya mau ngapain mbak ?”“Ndak tahu, non. Mending cepetan non ke bawah aja.”saran Mbak Nem yang langsung disambut Avelina.
“Kenapa ma, pa ?”“Ayo ikut papa pergi.”“Pergi ?? Pergi kemana pa ?? Papa kok nggak bilang sama Velina kemarin ?”“Papa baru rencanain tadi pagi, sayang. Ayo cepetan. Papa sama mama tunggu di mobil ya.”“Iya pa..”jawab Avelina sambil beranjak dari sofa. Tak lama kemudian, Avelina sudah siap dengan baju atasan putih & celana panjangnya. Segera ia menuju mobil yang terpakir di depan rumahnya. “Sudah siap, Vel ?”“Siap ma, pa..”
Tak lama kemudian, mereka sampai di depan sebuah panti asuhan. “Kita ngapain kesini pa ?”“Buat nunjukin ke kamu lah, Vel. Mereka bukan cuma panti asuhan anak kecil seperti biasanya, tapi mereka juga nampung anak seumuran kamu juga.”“Oh ya pa ?”“Iya. Sekarang ayo kita masuk.”ajak papanya. Saat sampai di dalam, Avelina melihat, banyak anak seumurannya, ada yang sedang mencuci baju, mencuci piring, menyapu, mengepel & yang masih kecil sedang bermain di taman yang ada disitu.
“Hai..”sapa seorang anak cewek yang lewat. “Hai juga. Nama kamu siapa ?”“Tiara. Kalau kamu ?”“Avelina. Hmm.. boleh nanya nggak ?”“Mau tanya apa ?? Nggak apa-apa kok.”“Hmm.. Berapa lama kamu tinggal disini, Ra ?”“Ohh.. Hmm.. Aku tinggal disini dari bayi, Vel. Memangnya kenapa ?”“Nggak apa-apa, Ra. Apa kamu tahu boyband luar negeri ??”“Hmm.. Nggak tahu banyak sih, tapi aku lagi ngfans sama grupnya SuJu.”
“Wah, kebetulan dong kalau gitu. Aku juga ngfans.”“Kamu punya barang-barangnya, Vel ?”“Ada, lengkap bahkan.”“Wah, enak ya. Aku pengen banget punya 1 aja barang yang ada gambarnya mereka.”“Aku punya. Kamu mau ??”“Memangnya kamu mau ngasih ke aku, Vel ??”“Why not ??”“Makasih ya, Vel. Tapi kapan kamu ngasih ke aku ??”“Aku usahain, minggu depan dateng kesini, Ra.”“Oke deh, Vel.”“Velina.. Ayo pulang..”ajak mamanya.
“Iya, ma. Ra, aku pulang dulu yaaa..”“Daaa, Vel.”balas Tiara sambil melambaikan tangannya. “Ma, pa, minggu depan kesini lagi ya. Aku mau ngasih sebagian barang SuJu aku ke Tiara sama anak sini.”“Wow, bagus itu sayang. Itu tujuan mama & papa ngajak kamu kesini.”balas mamanya. “Supaya kamu sadar, ada yang kurang beruntung daripada kamu.”sambung papanya. Akhirnya, setiap minggu, Avelina datang membawa makanan & baju bekas untuk panti asuhan itu.
Dan juga barang untuk Tiara. Avelina akhirnya sadar, daripada ia membuang uangnya sia-sia. Lebih baik ia berikan untuk membantu sesamanya yang kurang mampu, dan ia juga sadar, membantu sesamanya membuat sesamanya itu bahagia.. J

~||~Tamat~||~

No comments:

Post a Comment