Thursday, October 29, 2015

Money can't Buy Everything



Ide ini mendadak muncul pas lagi ada tugas buat mata kuliah etika. Well, sedikit berantakan sih bahasanya. So, check this out guys, enjoy my opinion. 


----------------------------------------------------

Who don't need money ? Everybody need it. Entah buat beli makanlah, beli baju, novel, etcetera, etcetera. Tapi, asal kalian tau aja, uang kalian, nggak bisa beli ucapan yang udah keluar dari mulut kalian. Nggak bisa beli waktu yang udah kebuang sia-sia. Nggak bisa beli kebahagiaan. Nggak bisa beli kedekatan dengan keluarga.

Well, aku bakal kasi kalian satu permisalan. Buat mahasiswa yang udah lulus S1 alias sarjana, pasti pada pengen cari kerja kan ? Begitu lulus, langsung deh, naruh surat lamaran disana sini, nitip temen disana sini. Dan pas ada tawaran kerja, dengan gaji menggiurkan, malah posisinya ditaruh di luar kota, atau bahkan di luar pulau. Emang sih gajinya sebulan bisa nyampe 5-8 juta lah misalnya. Kalian terima apa nggak ? Pasti terima kan ? Siapa sih yang nggak mau gaji segitu, udah gitu pasti fasilitas juga terjangkau disana. Tinggal kitanya berangkat aja.

Tapi, apa kalian mikir nggak sih, taroh lah, kalian kerja disana selama 3 tahun. Anggep aja gaji sebulannya 7 juta, dikali 36 bulan. Brati kalian udah dapet 252.000.000 kotornya aja. Belum dikurangin biaya kalian pengen ini itu disana. Siapa sih yang nggak pengen ?

Well, kita sekarang liat dari sisi lainnya. Bisa nggak uang sebanyak itu beli waktu yang udah kebuang tiap kali keluarga pada kumpul ? Bisa nggak uang itu beli kebahagiaanmu waktu kamu lagi bercanda sama orang tuamu ? Nggak bisa kan ? Uang emang bisa bikin kamu kasih ke orang tuamu biaya bulanan, bisa jadi biaya tabungan buat kamu married nantinya. Tapi uang juga bakal nyita waktumu, nyita kebahagiaan sederhanamu.

Kalo kamu bilang, uang kan bisa bikin aku punya banyak temen. Bener. Tapi apakah kalo uangmu sudah habis mereka masih jadi temenmu ? Apakah kalo uangmu sudah habis, pacarmu masih menemanimu ? Belum tentu kan ? Orang tua udah pasti nemenin kamu terus. Mau kamu mulai segala sesuatu dari 0, sampe kamu sukses. Tapi inget, uang belum tentu segalanya.

Kalo aku pribadi, aku lebih baik kerja dengan gaji yang cukup, tapi aku harus pinter manage, supaya keinginanku yang ini itu terpenuhi, aku bisa kasih orang tuaku & aku tetep bisa nabung. The last, aku nggak jauh dari keluargaku, temen deketku.

That's it, think before you take your job. Bukan bermaksud ngsok nggak usah ambil gaji gede. Tapi pikirin juga keluargamu. Uang bisa dicari. Umur & waktu nggak bisa kembali.
 
-------------------------------------------------------

See you next post !! 😉

No comments:

Post a Comment