Friday, March 4, 2016

Hamil di Luar Nikah

Jangan tanya, kenapa aku milih topik ini. 
Aku cuma mau sekedar sharing aja. Masalah yang dihadepin temenku. Bukan untuk nyebarin aib, but, well, buat pelajaran aja buat kalian yang baca, baik yang masih kecil ataupun yang udah gede dan masih pacaran. So, this is it..
-------------------------------------------------

Temenku, bukan dari anak golongan keatas, sia bisa dibilang cukup. Kelakuannya ? 11-12 kalo sama aku. Sama-sama gesrek kalo udah ketemu dan asik dengan pembicaraan. Tapi siapa yang tau, kalo dia bukan anak kandung dari kedua orang tuanya yang aku kenal sekarang ?  Dia anak adopsi. Tapi, dia bilang ke aku, kalo dia anak pancingan. Pancingan disini, maksudnya karena ortunya dia udah lama nikah dan nggak punya anak, jadilah dia ngambil anak yaitu temenku -yang katanya masih sodara jauh-, dan nggak lama kemudian, hamillah sang ibu. Well, gue nggak tau itu ada hubungannya apa nggak, tapi kalo kalian orang jawa, ya pastilah kalian tau mitos-mitos semacem itu. 

Nah, temen gue baik-baik aja. Sampe kita berpisah di SMA. Dia masuk SMA Negeri, gue di swasta. Temen gue masih baik-baik aja sampe dia ketemu sama cowok yang ketemu sama dia di Gereja. Gue juga gatau gimana, sampe akhirnya mereka pacaran. Gue udah pernah ketemu pacarnya, waktu gue lagi ultah ke 16. Entah kenapa, gue nggak suka aja ngliat si cowok itu. Gue bilang sama si temen gue ini, kalo gue ga suka sama cowoknya. Tapi temen gue ngyakinin gue, kalo dia seneng sama cowok itu. Sampe di saat sweet seventeennya temen gue yang lain dan dia diundang. Gue masih inget banget, tiba-tiba dia bbm gue, bilang ga bisa dateng. Padahal gue tau banget, kalo dia, adalah orang pertama yang nggak mungkin nggak dateng, untuk alesan apapun. Dia bilang ke gue, dia ada masalah di rumah. Gue udah maksa dia, bujuk dia, tapi dia tetep kekeuh gamau buat dateng.

Kalo gue nggak salah, beberapa hari kemudian, dia bbm gue lagi, bilang kalo dia mau ke tempat yang jauh. Disini feeling gue nggak enak. Selain itu, dia juga pernah pasang foto usg. Ga mungkin dong, kalo dia nggak kenapa-napa. Feeking gue udah bilang kalo dia hamil di luar nikah. Ternyata, setelah gue paksa, dia cerita, dia udah hamil. Dan akhirnya drop out dari sekolah, diusir ortunya dan pergi ke pengasingan. Apa cowoknya tanggung jawab ? Iya. Tapi dengan berbagai pertimbangan dan kekurangan. Dia udah nglahirin, anaknya persis bapaknya, tapi, anaknya sampe sekarang nggak punya akte kelahiran, karena data temen gue masih di ortunya.

▪▪▪

Well, guys, gue nggak ngelarang kalian pacaran, tapi, tolong jangan sampe nglebihin batas. Lo mau kissing sekalipun ga masalah, asal jangan sex before marriage. Bukan gue orang sok suci, bukan. Tapi dampaknya kan ke elo juga. Bukan gue ngrasa gue bener, pacaran gue fine-fine aja. Tapi gue kasih contoh ini ke kalian, biar kalian nggak jadi korban kayak temen gue. Sukur-sukur cowok lo habis lo bobol dan punya anak, mau nanggung. Kalo nggak ? Lo mau apa ? Lo bisa apa ? Di kucilin temen lo, dianggep cewek gampangan, dianggep aib sama kekuarga lo. Lama-lama elo yang stres sendiri.

Jadi guys, pikirin baik-baik lah. Jangan bilang lo penasaran. Kalo lo bilang gitu, gue juga bisa. Gue juga penasaran. Gimana sih rasanya ? Enak kayak yang orang bilang ga sih ? Sama guys, gue juga. Tapi gue nggak sepicik itu buat nglakuin hal bodoh yang bisa ngancurin masa depan gue seketika. Pikirin lagi deh sebelum berbuat. Gimana perasaan lo ? Bokap nyokap lo kalo tau lo hamil duluan ? Mereka malu ? Jelas. Temen gue beralesan karna dia anak pancingan, jadi nggak dianggep sama bokap nyokapnya. Nggak di kasih perhatian yang sama. Hellaw, gue juga sering ngrasain itu. Nggak cuma dia doang, atau kalian doang. Dia juga bilang, ini cara narik perhatian ortunya. Jawaban gue ke dia cuma satu. Lo goblok banget. Katain gue sahabat macem apa nggak ngedukung dia ? Lah, lu kira ? Ngedukung apaan seks di luar nikah sampe dia hamil ? Kalo gue ngedukung dia begitu, gue yang nggak bener.

Cara narik perhatian ortu nggak perlu gitu. Ortu lo bangga pasti sama elo. Senakal apapun lo. Cara narik perhatian lo juga jangan nakal. Jangan cari perhatian buat dimarahin. Lo harusnya belajar. Jangan bilang gue munafik. Gue juga pernah ngrasain posisi itu. Dimana adik gue lebih pinter daripada gue. Nilainya lebih bagus daripada gue. Sementara gue susah payah aja masih remed. Tapi waktu kelas 11, gue di tantang nyokap gue, kalo gue bisa masuk 15 besar,  permintaan gue buat ngadain dinner sweet seventeen diwujterletak udin. Meskipun gue tau, tanpa gue masuk pun, mereka pasti ngrayain ultah gue. Kalian pikir gue belajarnya maksa ? Nggak. Cuma di semester 1 doang gue semangatnya. Semester 2 gue turun nilainya. Sampe-sampe guru sejarah gue heran, nilai gue semester 2 pada turun. Endingnya gimana ? Gue rangking 9 di kelas. Sudah ? Gimana ekspresi nyokap gue ? Kaget. Shock. Nggak percaya. Dikira gue ngbohongin dia. Gue sampe ajak ke wali kelas gue, dan minta data rangking kelas. Sampe gue tunjukin sendiri ke nyokap gue. See ? Nggak perlu lo harus hamil segala. Kalo gue hamil, nyokap yang ada malah kecewa. Ngrasa gagal ngdidik gue.

Nggak perlu segala cari tau, apalagi sampe nyoba sendiri. Nikmatin aja. Masa muda lo, ga perlu di buang sia-sia buat nyobain hal yang bakal bikin lo kecewa nantinya. Nggak ada yang lo banggain sama anak lo nantinya. Jadi nanti kalo anak lo, kelakuannya 11-12 sama elo, nggak usah bingung. Nggak usah marah. Kesalahan terletak sama lo dan suami/istri lo. Atau bisa jadi sama diri lo sendiri. Nggak usah lo banggain lo juara kelas, kalo lo pernah bikin hamil anak orang atau lo udah hamil dan bahkan sampe lo aborsiin anak lo. Nggak ada rasa bangga kalo gue punya ortu yang begitu. Gue malu. Kecewa.

Jadi guys, penasaran itu boleh, coba-coba itu boleh. Tapi jangan sampe lo nyoba hal bodoh dan bikin lo kecewa. Isi aja masa muda lo seneng-seneng sama sahabat, pacar atau ortu lo. Nyoba bisnis segala macem. Itu lebih banggain orang-orang terdekat lo. Dan yang pastinya diri lo sendiri.
------------------------------------------------
Sekian dari gue. See you next post ! 
Btw, ini post gue yang terpanjang !

No comments:

Post a Comment