Saturday, April 9, 2016

Jaga Mulutmu

Yeah.. balik lagi sama gue..
Udah ada yang nungguin blog gue ? Nggak ada ?
Ga masalah sih buat gue. Yah, gue anggep, nanti kalo gue mendadak jadi artis, gue punya blog yang udah berisi seenggaknya..
Kali ini, topik yang gue ambil adalah topik panas terbaru. Coba tebak apa ?
Yep ! Sonya, anak Medan yang baru-baru ini konvoi setelah acara UN SMA selesai.
Check this out !

------------------------------------------
Beberapa hari yang lalu, pas gue buka salah satu sosmed, ada berita tentang anak SMA yang nglawan polwan, bahkan ngaku-ngaku anaknya salah satu polisi.
Pertama gue baca, gue ngrasa heran. Buat apa gitu loh ? Kalo emang ada pemeriksaan, lo bawa surat lengkap, yaudah kasih aja. Ngapain repot gitu, kan ? Kalo emang lo nggak bawa surat lengkap, yaudah, mau gimana lagi. Ditilang yaudah. Itu udah resiko. Dikiranya gue nggak pernah apa ? Pas gue udah 17 tahun *ketauan deh, gue udah tua*, bokap sama nyokap gue, belum juga kasih SIM, ralat. Bikin SIM. Katanya, tunggu gue blajar naik mobil dulu, biar ambilnya sekalian. Dan voila, sampe gue hampir umur 18 tahun, gue baru punya SIM. Lama ya ? Lama. Gue aja sampe bosen minta-minta tiap hari.
Nah, di masa gue nggak punya SIM, gue sering tuh, kalo dulu pas kelas 12, habis ada matpel yang cuma belajar buat UN doang, pulangnya pagi, gue di jemput nyokap dan gue yang bawa sepeda motornya. Sampe suatu ketika, gue udah liat dari jauh, ada polisi, dan gue dengan gobloknya berenti sebentar bilang ke nyokap gue gini, "Waduh, gimana ini ma ?"
Jawaban nyokap gue gini, "Yaudah jalan aja. Mau gimana lagi ?" Akhirnya gue jalan, sampe ke lampu merah depan. Dan pak Polisinya langsung berentiin sepeda gue. "Maaf dek, bisa diliat surat-suratnya ?" Mampus, batin gue. Gimana kagak ? Gue cuma punya KTP doang. SIM kagak ada. Akhirnya kita minggirin sepeda trus ngadep ke pak Polisi. Trus gimana ? Yaudah, mau gimana lagi ? Ketilang ya ketilang.
Jujur, yang gue pertanyakan adalah, kenapa elo harus ngaku-ngaku anak salah satu polisi, kalo emang dia bukan sapa-sapanya elo ? Yang malu siapa ? Lo sendiri. Emang lo nggak malu apa dipergunjingkan di media sosial ? Kalo digunjingin karna prestasi lo, ya nggak masalah lah. Lah ini ? Ini karna lo bikin masalah. Emang nggak malu ? Emang yang malu cuma lo sendiri ? Keluarga lo nggak ?
Dan dari koran yang gue baca hari ini, bokapnya dia meninggal. Gue turut berduka cita. Bokapnya shock. Jelas. Kalo gue jadi bokapnya dia juga. Dan dia sendiri katanya juga depresi. Lah ini juga ulah siapa ? Ulah temennya ? Ulah tetangganya ? Bukan kan ? Ini ulah dia sendiri. Makanya guys, gue ingetin. Kalo mau ngomong dipikir dulu, pake otak cerdas kalian. Dipikir panjang, kali gue ngomong gini gimana, kalo gitu gimana ? Nggak usah deh, sok-sokan punya backingan. Kalo nggak diakuin tuh malu sendiri. Rugi sendiri.
Dan pesen buat adek-adek yang masih di bawah umur, belum punya KTP ama SIM, pesen gue 1, dek, berkelakuanlah sesuai umur lo. Jangan tiru sinetron yang nggak mendidik. Hidup lo masih panjang. Masalah yang dateng ke elo bakalan banyak. Masa depan lo masih cerah. Jangan sampe lo malah bikin masa depan lo sendiri surem. Berkaryalah sebisa lo. Bentuk karakter diri lo. Nggak usah gedein gengsi. Gengsi nggak bakal bikin lo keren. Yang ada malah lo ancur sendiri. Jangan bertingkah seolah-olah lo udah gede. Semua ada waktunya. Jangan mendahului waktu. Nikmatin aja semuanya, biarin semua berjalan apa adanya. Jangan lupa bersenang-senang, bersosialisasi dengan banyak orang. Jadi, nanti kalo lo udah besar, lo bakalan punya sesuatu yang bisa lo banggain sama anak lo nanti. Lo bakal bilang ke anak lo, kalo lo dulu bisa banggain bokap nyokap lo.
That's it..
Inget kata gue baik-baik, okay ?
Jangan ikut-ikutan temen kalian yang begajulan. Cukup jadi diri lo sendiri.
Dan buat yang masih begajulan, yuk, perbaiki diri bareng-bareng. Berubah jadi anak baik yang sayang ortu, siap banggain ortu dengan berbagai cara, the last, meskipun lo nggak bisa banggain ortu lo, setidaknya jangan bikin mereka malu sama lo.
-----------------------------------------
See you next chapter guys !
Xoxo

No comments:

Post a Comment