Wednesday, October 18, 2023

[REVIEW] Rahasia Ayu

 

Rahasia Ayu

Lexie Xu

Gramedia Pustaka Utama

256 Halaman

"Tidak semua orang bersalah, tapi Leoni sudah keburu meninggal. Dan yang tersisa hanyalah rasa sakit hatinya yang beracun."


B L U R B

Ayu Rembulan menjadi saksi kematian Leoni, teman sekelasnya yang bunuh diri tahun lalu. Pada hari ulang tahun kematian Leoni, Ayu menerima SMS aneh yang membuat sebuah aplikasi misterius bernama JanganDiklik terpasang di ponselnya. Melalui aplikasi itu, Ayu menemukan catatan harian Leoni yang menceritakan hari-hari terakhirnya sebelum meninggal.

Sejak itu, kecelakaan demi kecelakaan tragis menghantui teman-teman yang dulu mencelakai Leoni. Orang-orang lain mengira semua itu kebetulan, tetapi Ayu tahu hantu Leoni-lah yang sedang membalaskan dendamnya. Tak seorang pun percaya padanya, kecuali Rex, cowok jahat yang sudah menindas dan mempermalukan Ayu selama setahun ini. Bersama-sama mereka berusaha menyelamatkan teman-teman mereka… juga diri mereka sendiri.

- - - - - - - - - -

Harapan Ayu, saat dia pindah ke SMA Harapan Nusantara, dia akan memiliki lembaran baru sebagai anak sekolahan. Memiliki teman yang bisa disebut sahabat. Sayangnya, harapan hanyalah harapan. Sampai sekarang, dia juga nggak kunjung punya teman dekat.
"Pantas sifat Ayu bagus. Pasti karena berasal dari keluarga yang baik."
Rex, salah satu cowok sekaligus orang yang pernah dekat dengannya sebagai teman. Sayangnya, saat ini mereka sudah tidak berteman lagi. Rex tergabung di geng populer yang tidak mungkin ada Ayu di dalamnya.

Hari ini juga Ayu mendapatkan pesan aneh yang saat dia mengklik link di pesan tersebut, muncul aplikasi yang ternyata adalah diari Leoni dan sepertinya pembalasan dendam Leoni juga dimulai.

Yang tak disangka, Ayu termasuk salah satu nama yang disebut. Bisakah dia menyelamatkan dirinya dari pembalasan dendam Leoni?


Akhirnya kembali membaca karya kak Lexie, setelah udah lama kayaknya aku nggak baca lagi. Terakhir baca itu yang OMEN Series. Setelahnya nggak pernah baca. Rasanya kangen banget.

Berawal dari Ayu yang dapet pesan dan kemudian berujung ngeklik pesan aneh itu. Padahal udah jelas pesannya Jangan di Klik, tapi emang dasar sifat kepo manusia ya. Ayu malah menginstall dan baca postingan di aplikasi itu. Isinya mirip sama buku harian itu. Dan setelah dibaca-baca lagi, itu punyanya Leoni! Baru kelar baca beberapa bab, malah terjadi kecelakaan yang cukup tragis.

Selama baca bener-bener berasa kayak Ayunya itu aku! Ngena dan bikin jantungan, tapi nagih banget! Awalnya, kukira aplikasinya itu bakalan memberikan petunjuk kejadian apa yang bakalan terjadi.

Ternyata, aplikasi ini juga sebagai sarana curhat gitu. Ada cerita dibalik pembuatan aplikasi ini, dan cukup menyentuh sekali. Kayak pembuktian untuk cintanya gitu.

Mengangkat pembullyan yang terjadi di kalangan SMA dan seharusnya ini cukup relate dengan masa kini. Soalnya jaman sekarang pembullyan ini bisa sampe mengancam nyawa juga kan.

Sebenernya aku kesel banget sama Leoni, karena dia ini cukup egois dan playing victim banget. Dia memang dibully sama temen-temennya karena menurutku ya kesalahan dia sendiri, tapi Ayu sampe kena ini juga rada nggak masuk akal sih. Kan Ayu juga random aja milih orang yang perlu dimintai tolong. Bukan secara spesifik memilih langsung ke Rexford.

Baca Rahasia Ayu ini aku bener-bener dibawa ke masa aku baca Johan Series. Deg-degannya, parnonya, sampe kebayang juga! Cuma saranku, kalo emang takut, jangan dibaca malem-malem deh. Biar nggak makin parno. Haha..

No comments:

Post a Comment