Wednesday, May 17, 2023

[REVIEW] Cerita Kutang

Cerita Kutang

Honey Dee

40 Bab on Cabaca — Ending

"Ada banyak hal di dunia ini yang tidak bisa dipaksakan. Ada banyak hal di dunia ini yang seharusnya dibiarkan begitu saja agar keharmonisannya tetap terjaga."


B L U R B

Bagaimana rasanya menjadi perempuan simpanan?

Kamu tahu benar bagaimana rasanya. Enam tahun sudah kamu tinggal bersama Pak Sono, lelaki yang seharusnya bisa menjadi ayahmu. Dialah lelaki yang membuatmu terobsesi pada kecantikan. Dia juga lelaki yang membuatmu merasa akan selalu menjadi muda dan cantik seperti sekarang. Dengan uangnya, kamu melakukan banyak prosedur perawatan kecantikan hingga perbaikan bentuk tubuh sampai akhirnya kamu merasa kutang-kutang yang kamu punya sudah tidak lagi cocok untuk dadamu yang sudah jadi lebih indah. Kamu terobsesi untuk memiliki kutang yang lebih indah, lebih cantik, lebih baik dari yang kamu miliki saat ini demi Pak Sono.

Pertemuan dengan Hendra, mantan yang dulu kamu tinggalkan demi Pak Sono membuatmu makin ingin memperbaiki diri. Hendra sudah jadi sangat tampan dan gagah, masa kamu tidak? Yang lebih menyedihkan lagi, ternyata Hendra masih mencintaimu selama ini. Dia masih mengharapkanmu, bahkan mengisi kekosongan yang selama ini kamu rasakan saat bersama Pak Sono.

Namun, hubungan cinta segitiga terlarang ini menyeretmu dalam masalah menyangkut nyawa. Kamu sudah diperingatkan, tapi tidak mau mendengarkan. Apa kamu sanggup menghadapi akibat dari kekeraskepalaanmu dalam mencintainya?

Kali ini, rasakanlah sensasi menjadi seorang perempuan simpanan yang berusaha untuk membahagiakan dirinya. Kalian akan berpetualang dalam dunia Adriana Kurnia yang mengejutkan, penuh dengan pertanyaan tentang cinta dan kebutuhan psikis seorang perempuan.

- - - - - - - - - -

Adriana Kurnia, seorang perempuan yang sudah menyukai berbagai jenis perawatan tubuh. Mempercantik dirinya sudah sebuah kewajiban. Hal ini tentu saja didukung oleh aliran uang yang lancar dari Pak Sono, kekasihnya. Laki-laki yang menerimanya apa adanya, tidak banyak menuntut, mau mendengarkan, dan selalu punya cara untuk membahagiakan Adriana.
"Kekayaan itu berbahaya. Kekayaan itu memancing banyak kejahatan dan membuatmu jadi jahat juga. Inilah kenapa nabi-nabi banyak yang miskin. Kalaupun kaya, mereka menggunakan kekayaan mereka untuk sedekah dan hidup seadanya. Kekayaan itu memusingkan, apalagi untuk mempertahankannya."
Pak Sono dengan segala kekayaannya tentu saja sangat memanjakan Adriana. Nggak hanya perkara fisik, Adriana juga akhirnya bisa keluar dari kemiskinannya dan hidup dengan nyaman, nggak perlu mikirin gimana uang sekolahnya, uang jajannya. Semuanya terjamin. Sayangnya, Pak Sono mendadak hilang setelah pamit kembali ke keluarganya.

Tanpa kabar, hanya sebuah pesan yang menyuruhnya untuk menjauhi Pak Sono. Memang, apa salahnya? Mengapa Pak Sono baru melakukannya sekarang? Apa yang disembunyikannya?


Membaca Cerita Kutang, kukira akan menyajikan cerita yang berbau 18+ dan banyak mengumbar cerita tentang menjadi seorang simpanan. Mungkin akan menceritakan bagaimana cara menggaet seorang sugar daddy. Tapi ternyata nggak lho, ini jauh lebih serius daripada itu.

Menceritakan tentang Adriana Kurnia, seorang simpanan Om yang tajir melintir! Kayaknya uangnya nggak akan habis tujuh turunan, meskipun dihambur-hamburin. Keluarga Adriana tentu saja menentang ini habis-habisan, bahkan Adriana sampai diusir dari rumah. Masalahnya, keluarganya Adriana juga nggak sebaik itu. Adriana punya masa lalu yang buruk dengan orang tuanya, bahkan ketika mereka bertemu saat posisi Adriana lebih baik pun, orangtuanya masih tetep aja nyindir dia.

Pak Sono di sini, meskipun caranya salah, dia ini sebenernya orang yang baik. Mana ada sih sugar daddy yang saking baiknya, dia nggak menuntut apa-apa sama Adriana? Beneran cuma dengerin keluh kesah Adriana, bantu Adriana keluar dari masalah yang ada. Meskipun aku sangsi, tapi aku masih percaya, ada orang baik yang kayak Pak Sono gitu.

Setiap cerita kak Honey Dee selalu ada khas tersendiri. Tokoh di dalamnya punya pekerjaan yang luar biasa dan kekayaan yang cukup wow, tapi juga ada intrik kotor di dalamnya. Untuk di sini, Pak Sono juga salah satu pelakunya! Ada alasan tersendiri kenapa Pak Sono melakukan hal itu. Sejujurnya, hal yang ada di klub tempat Pak Sono join ini agak creepy. Aku takut banget sih kalo pasanganku masuk ke klub yang sama kayak Pak Sono.

Seperti biasanya juga, banyak sekali pelajaran kehidupan yang bisa dipetik. Mulai dari kehidupan Adriana yang lama, kehidupan percintaannya, sampai kehidupan keluarga Pak Sono pun juga dijelaskan.
 
Buatku, novel ini cukup panjang. Setiap babnya itu panjang banget, tapi tenang aja dijamin nggak ngebosenin! Soalnya kalian selalu dibuat penasaran dengan gaya menulisnya kak Honey.

Last, yang bisa diambil dari sini adalah, jangan mudah untuk menarik kesimpulan atas apa yang dilakukan orang lain. Entah itu yang dilakukan hal negatif atau positif, jangan terlalu mudah menyimpulkannya. Kita nggak tau masalah apa yang sudah atau sedang dihadapinya.
 
 
From the book...
"Ada banyak hal di dunia ini yang tidak bisa dipaksakan. Ada banyak hal di dunia ini yang seharusnya dibiarkan begitu saja agar keharmonisannya tetap terjaga."
 
"Kamu terobsesi pada cinta dan perhatian. Saat kamu menikmati nyanyian, saya yakin kamu bukan ingin terkenal atau menjadi artis. Kamu menyukai perhatian orang yang melihatmu. Kamu menyukai tepukan tangan yang menyorakimu. Kamu menikmati semua pujian atas suaramu yang indah, Adriana."
 
"Aku sudah bersama Bapak selama bertahun-tahun dan mungkin akan terus bersama Bapak bertahun-tahun lagi. Aku nggak akan bosan. Aku nggak akan menyia-nyiakan Bapak."
 
"Nanti, setelah kamu menikah dan lihat bagaimana laki-laki lebih mencintai pekerjaannya, kamu bakalan tahu kalau cinta itu nggak selamanya indah. Cinta itu nggak selamanya bisa membuatmu bahagia."

"Seburuk-buruknya hubungan lu sama dia, jangan pernah berhenti minta nikah. Entah gimana caranya, lu harus dinikahi sama dia. Kalau beda agama, lu ajaklah dia masuk agama lu, entah gimana caranya. Kalau kagak, lu bisa berantakan nantinya. Lu nggak bakalan dapat apa-apa dari dia. Kalau lu cuma sendirian, lu bisa nyari gadun lain. Kalau lu sudah punya anak, you have no way back, Sis. Kebutuhan anak nggak bisadi-pending. Love is beautiful, but you have to prepare for the worst."

"Kita akan selalu melihat orang lain dari hal yang paling menonjol dalam diri orang itu. Kalau suara tawanya renyah dan enak, itu dulu yang akan kita perhatikan. Kalau dia membawa tas mahal yang kita suka, itulah yang bakalan kita lihat lebih dulu. Syaratnya jelas, apa yang kita suka, apa yang kita tidak miliki, dan apa yang kita inginkan. Semua syarat itu dipenuhi oleh dada perempuan, lalu pantat, baru wajah. Ini syarat mutlaknya."

"Cowok tersangsang sama cewek karena dadanya, tubuhnya. Tapi cowok memutuskan menyukai atau bahkan mencintai cewek karena kepribadiannya, kenyamanan yang dirasakan dan perasaan aneh yang menjalar dalam dadanya setiap lihat cewek itu."

"Ibu nggak pernah bertanya apa yang sudah Ibu lakukan sampai aku jadi begini. Ibu nggak pernah berpikir apa yang sudah Ibu lakukan sampai membuat hidup Ibu jadi begini. Ibu memang sudah bekerja keras, tapi bukan berarti lantas semua orang yang ada di sekitar Ibu rusak dan pemalas semuanya. Sekarang, Ibu sendirian seperti memang seharusnya Ibu sendirian."

"Siapa bilang orang lain bisa mendapatkan bahagia dengan gampang, Mbak? Nggak juga. Mbak melihat orang lain tertawa itu bukan karena dia bahagia. Dia kebetulan saja sedang tertawa, sama seperti Mbak tertawa. Belum tentu setelah tertawa itu dia akan merasa tenang. Bisa jadi Mbak lebih bahagia dari dia."

"Saya nggak bilang Mbak nggak bersyukur. Saya cuma bilang kalau belum tentu orang lain itu bahagia. Belum tentu senyum yang mereka perlihatkan menunjukkan kalau mereka benar-benar bahagia. Ada orang yang tersenyum dan tertawa untuk menyembunyikan kesedihan, karena mereka nggak mau mengingat beban hidup untuk sementara."

"Akan ada keajaiban yang datang perlahan-lahan saat kita benar-benar membutuhkannya. Jadi, jangan terlalu membayangkan sesuatu yang sangat jauh, Sayang."

"Ale, nggak punya harapan itu masih jauh lebih baik daripada kehilangan harapan saat kamu merasa sudah mendapatkannya. Aku nggak bsia berperan jadi cewek yang kayak gitu."

"Kekayaan itu berbahaya. Kekayaan itu memancing banyak kejahatan dan membuatmu jadi jahat juga. Inilah kenapa nabi-nabi banyak yang miskin. Kalaupun kaya, mereka menggunakan kekayaan mereka untuk sedekah dan hidup seadanya. Kekayaan itu memusingkan, apalagi untuk mempertahankannya."

"Saat laki-laki jatuh cinta,  dia bukan hanya jatuh cinta pada fisik saja, Adriana. Ini yang banyak disalahartikan perempuan. Mereka berlomba mempercantik tubuh seolah dengan cantik mereka bisa membuat lelaki berpaling, padahal kecantikan fisik hanya akan membuat lelaki ngiler dan terangsang saja, tapi tidak membuat lelaki jatuh cinta. Memang, ada banyak lelaki murahan yang jatuh cinta dengan kelamin mereka."

No comments:

Post a Comment