Saturday, February 22, 2020

[Review] Menikmati Perjalanan Mencari Kerja di Lagi Probation




Judul : Lagi Probation

Penulis : Samuel Ray

Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Tebal : 257 Halaman

"Terimalah kelebihan dan kekuranganmu secara sehat. Berhenti meratapi apa yang nggak bisa kamu ubah. Upgrade diri pada bidang yang bisa kamu ubah. Ambil tanggung jawab untuk mengetahui perbedaannya dan kendali atas pertumbuhan kariermu sendiri."



BLURB

Mencari kerja adalah proses yang dihadapi semua orang dalam perjalanan kariernya. Namun, sering kali ada kebingungan dan ketidakpastian yang muncul. Mulai dari informasi yang nggak lengkap mengenai lowongan kerja, HRD yang susah dihubungi, sampai nego gaji yang alot.

Lewat Lagi Probation, Samuel Ray—seorang praktisi HR porfesional—membagikan tips dan trik mencari kerja, mulai dari menulis CV hingga negosiasi gaji, yang ditulis dengan bahasa yang sederhana dan "mendarat", tanpa ditutup-tutupi, berdasarkan pengalaman dan sudut pandangnya.

Buku ini ditulis untuk kamu yang baru pertama kali mencari pekerjaan, sedang ingin mencari pekerjaan baru, atau sedang mengenang masa-masa mencari pekerjaan. Karena hidup adalah sesederhana menjalani satu proses probation ke probation selanjutnya.

- - - - - - - - - - 

Huhh.. Masih bingung mau ngereview dari mana. Gimana kalo aku mulai dari gimana aku kepengen banget beli buku ini. Awal kenal sama Instagramnya Ko Sam ini kayaknya pas lagi di akun Ko Calvin, ya karena mereka se-circle gitu. Dari sana, mulailah aku aktif ikut di beberapa pertanyaan yang sering diajuin buat kontennya belio.

Yang dibahas di akun dia cukup beragam, tapi mostly tentang kerjaan dan caranya nyampein nyenengin banget! Jadi suka gitu. Sampailah akhirnya Ko Sam mau nerbitin buku. Aku langsung excited banget! Soalnya pasti menarikkkkk banget deh.

Loh, terus kalo di buku sama konten Instagramnya bukannya sama? Ya nggak dong. Yang di novel itu udah lebih lengkap. Kalo yang pas di Instagram itu berdasarkan pengalaman orang-orang sama sharingnya Ko Sam, nah, yang dibuku, penjelasan lebih mendalam tentang kontrak, apa aja yang dilalui selama sortir CV yang sudah ada sampai ke tahap wawancara, bahkan juga menjelaskan kontrak. Ko Sam sendiri nggak menutup-nutupi, padahal banyak kan yang biasanya ngomong, "Itu rahasia HRD." Di sini Ko Sam ngebagi semuanya, supaya kita nggak 'terjebak' dalam kontrak atau pekerjaan yang malah bikin kita pengen cepet keluar karena nggak betah, atau nggak jelas kerjanya ngapain, bahkan sampe gaji pun ikutan dibahas loh!

Nggak cuma itu aja, Ko Sam juga nyeritain, gimana sih dia dulu, perjuangannya untuk sampai di titik yang bagi sebagian orang 'lumayan menyenangkan'. Nggak nyangka banget kalau belio dulu juga sama kayak kita. Belio juga ngasih semangat lewat buku ini, bahwa bukan bos, atasan, temen kerja atau partner kerja yang bikin kita punya posisi bagus. Tapi kita sendiri yang bertanggungjawab atas hal itu! Dan jangan pernah ragu untuk nyoba hal baru.

Aku juga suka caranya menjelaskan, nggak terkesan menggurui. Kesannya malah kayak diceritain sama temen sendiri, kayak gini loh kamu seharusnya, terus pakai permisalan juga, jadi makin gampang kita nangkepnya. Rekomen banget lah buat anak freshgrad, bener-bener bikin kita terbuka dan ada pandangan tentang kerjaan yang bakalan kita ambil.

1 comment:

  1. Your Affiliate Money Making Machine is waiting -

    And making money with it is as simple as 1--2--3!

    Here's how it all works...

    STEP 1. Choose affiliate products you want to push
    STEP 2. Add some PUSH BUTTON traffic (this ONLY takes 2 minutes)
    STEP 3. Watch the system explode your list and sell your affiliate products all for you!

    Do you want to start making money?

    Check it out here

    ReplyDelete