Monday, April 1, 2019

[Review] Giselle


Judul : Giselle

Penulis : Akiyoshi Rikako

Penerbit : Haru

Tebal : 397 Halaman

"Pasti Himemiya Mayumi benar-benar menampakkan dirinya. Dia ingin tahu kebenarannya. Kita simpulkan saja seperti itu, ya."


BLURB

Lima belas tahun yang lalu, prima balerina Himemiya Mayumi tak sengaja menusuk dirinya sendiri hingga mati dalam usahanya menyerang Kurebayashi Reina, saat balet 'Giselle' ditampilkan. 'Giselle' pun menjadi judul terlarang dalam Tokyo grand Ballet.

Lima belas tahun kemudian, sebagai perayaan ulang tahun Tokyo Grand Ballet, 'Giselle' diputuskan untuk ditampilkan kembali.

Akan tetapi, saat mereka mulai mempersiapkan pertunjukan, arwah mayumi mulai muncul. Berbagai kecelakaan dan kejadian nahas pun terjadi beruntun.

Sebenarnya mengapa arwah Mayumi kembali? Apa yang sebenarnya terjadi lima belas tahun silam?

- - - - - - - - -

Tokyo Grand Ballet, salah satu tempat balet yang cukup bagus di Tokyo. Tidak hanya itu, dia juga seringkali mengantarkan para balerinanya menjadi balerina terkenal di kancah internasional. Tapi, di balik kehebatannya ini, Tokyo Grand Ballet juga memiliki masa lalu yang nggak baik-baik amat untuk dikenang. Karena tragedi itu sampe ada yang meninggal, makanya nggak ada lagi pertunjukkan Giselle. Bahkan kalo kalian search di internet pun, nggak banyak berita yang memunculkan cerita atau kejadian itu.
"Hentikan pembicaraan yang tidak ada dasarnya itu. Di dunia ini tidak ada yang namanya arwah!" — P. 126
Sampai akhirnya, di ulang tahun kelimabelasnya, Tokyo Grand Ballet kembali menampilkan Giselle! Alasannya masih belum jelas. Tapi yang jelas, hal ini cukup diinginkan banyak orang. Apalagi posisi penting seperti Giselle, Hilarion, laki-laki yang mencintai Giselle, Lois, pangeran yang menyamar agar bisa dekat dengan Giselle, dan Myrtha, seorang ratu balas dendam terhadap para wanita yang ditinggalkan prianya sebelum pernikahan.

Saat pengumuman peran, beberapa orang banyak yang kecewa, karena tidak mendapatkan peran empat besar, bahkan hal itu membuat kuartet, Ranmaru, Kanon, Junko dan Yukiko sempat merasakan iri satu sama lain karena peran yang didapatkan. Tak sampai di situ saja, tiba-tiba, Ranmaru melihat sosok arwah Mayumi saat dia kembali untuk mengambil barangnya yang ketinggalan. Dan sejak saat itulah, banyak kejadian janggal yang menurut kabar, disebabkan oleh kembalinya Mayumi. Lalu, apakah Giselle tetap akan ditampilkan? Atau malah akan dihentikan?


Seperti biasanya, novel Sensei selalu aja bikin deg-degan sekaligus kagum di saat yang bersamaan. Deg-degan karena kita menebak siapa yang salah dan melakukan hal curang, tapi kagum karena kita seakan dibawa ke dalam cerita tersebut, ikut mengamati berbagai kejadian di sana. Dan jangan lupa plot twistnya!

Inti dari cerita ini tuh sebenernya gampang banget. Tapi, kita diajak untuk tau gimana proses ke hasilnya ini. Jadi ya makin seru. Awalnya, kukira bakalan ada arwah beneran. Bukan nggak mungkin kan? Tapi ternyata, bener! Coba deh baca novelnya. Aku nggak mau spoiler nih. Soalnya sekali bocor dikit, bakalan bocor semua. Hahaha...

Oh iya, untuk kalian yang ragu mau baca karena ini ada pekara baletnya, jangan ragu. Soalnya banyak footnote yang ngasih tau bahasa balet gitu. Jadi nggak perlu bingung-bingung gitu lah.

1 comment:

  1. Wuah keren! Sampai bikin photoshot yang mirip kovernya! XD Totalitas

    ReplyDelete