Saturday, April 11, 2020

[Review] Scarla


Judul : Scarla

Penulis : Dyah Anita

Penerbit : Romancious

Tebal : 315 Halaman

"Cinta dan luka itu seperti koin. Kenapa? Karena koin punya dua sisi yang berbeda dan gak bisa dipisahin. Sama kayak cinta dan luka."


BLURB

Scarla, mahasiswi semester akhir yang memiliki tanggung jawab besar di keluarganya. Ia harus banting tulang demi membiayai kehidupan sehari-hari dan juga pengobatan Zahya, adik tersayangnya.

Hingga suatu malam, lelaki yang dikenal hangat di kampusnya mengajukan sebuah perjanjian dengannya. Keterbatasan ekonomi pun membuat Scarla menerima perjanjian itu. Sayang, lelaki itu justru berubah dan tak sehangat yang ia kenal. Sedetik membuatnya terbang, detik kemudian menjatuhkannya. Lambat laun, Scarla mulai terbiasa dengan sifat lelaki itu, sampai akhirnya perasaan asing itu hadir dan membuatnya merasakan sedikit kebahagiaan.

Perjalanan Scarla tidak mudah. Di saat kebahagiaan datang di hidupnya, masalah pun mulai datang silih berganti. Akankah Scarla merasakan bahagia setelah sekian lama merasakan luka?

- - - - - - - - - -

Nggak ada yang tau kalo Scarla, si cewek yang pintar dan bisa dibilang teladan, malah punya kerjaan yang nggak teladan sama sekali. Jadi cewek simpenan yang bisa ditidurin. Nggak ada yang tau pekerjaan kotornya ini. Yang banyak orang tau adalah Scarla kerja, tapi nggak tau kerja di mana. Ini pun karena dia udah hidup cuma berdua sama adiknya aja. Jadi, apa pun bakalan dilakuin, demi adiknya.
"Lo pasti bakal ngerti, Vram, suatu saat nanti. Pas lo jatuh cinta, tapi si cewek gak mau sama lo. Cewek bukan cuma dijadiin ajang rasa penasaran lelaki. Mereka lebih istimewa dari itu." P. 134
Avram, si cowok yang cukup terkenal se-kampus. Pinter, charming, nggak neko-neko amatlah. Sayangnya, nggak banyak yang tau kehidupan dia selepas kuliah gimana, main di mana aja, nakalnya gimana. Nakalnya Avram ini tuh kayak anak kampus kebanyakan, suka tidur sama cewek. Kali ini dia memilih Scarla, si cewek teladan yang entah ketemunya di mana. Dan sejak tulah, dia sama Scarla sering tidur bareng. Tapi urusan mereka tuh sekadar tidur bareng aja. Nggak sampe harus nemenin jalan waktu di kampus dan sebagainya. Scarla sendiri nggak masalah. Toh yang penting uangnya. Yang dia butuhin kan uangnya buat biayain adiknya dia. Bukan apa-apa.

Selain itu, Scarla sendiri juga memendam luka atas terjadinya kecelakaan yang dialami Zahya. Kecelakaan yang akhirnya membuat Zahya di kursi roda. Bisakah Scarla mengikhlaskan masalah ini perlahan-lahan?


Wuhuu.. Selesai baca novel ini sekali duduk. Ceritanya memang mengalir banget. Meskipun novel ini termasuk 'tipikal novel Wattpad', tapi ini lumayan banget sih. Konflik yang dipilih juga pas banget. Gimana sih susahnya cari kerja, dan cari kerja yang duitnya banyak, trus kerjaannya gitu-gitu aja, ya jadi simpenan memang. Kalo dibilang kerjaan itu berat, ya jelas berat. Mana ada sih 'ditidurin' sama orang malah seneng? Tapi apa pun demi keluarga bakalan dilakuin kan?

Kenapa aku bilang novel ini 'tipikal novel Wattpad', karena dulu waktu novel ini diterbitin pas tahun 2017, banyak banget penulis yang pemilihan masalahnya mirip-mirip. Nulis yang ratednya 18++, masalah bad boy di sekolah, bad boy sama good girl, dan lainnya. Yang aku suka dari penulis ini tuh, dia pinter untuk milih kata yang tepat supaya nggak vulgar-vulgar amat. Jadi masih aman lah untuk dibaca sama yang masih SMA gitu.


Quotable:
"Sebab, imajinasi adalah tempat dimana kita bisa menciptakan keinginan sendiri semau kita, sesuka kita, dan sebahagia kita, sebagai pelampiasan dari sakitnya realita." — P. 206

"Karena kebahagiaanku ada di sisi mereka. Aku tak akan mencari kenyamanan jika aku sedang terpuruk. Karena tempat ternyamanku adalah bersama mereka." — P. 274

No comments:

Post a Comment