Monday, September 2, 2019

[Review] Camera, Roll, Action!


Judul : Camera, Roll, Action!

Penulis : Kinanti WP

Penerbit : Cerita Kata

Tebal : 210 Halaman

"Keberhasilan suatu film adalah hasil dari jasa semua orang yang terlibat, termasuk mereka yang berada di level terbawah sekalipun."


BLURB

Banyak orang berpikir jadi orang film itu enak. Sebagai produser, Kinar dipaksa untuk terbiasa dengan pekerjaan yang tak ada habisnya, jam kerja yang kadang tak menyisakan waktu istirahat, dan orang-orang dengan berbagai macam sifat yang harus diurusnya. Nona Produser jadi heran, siapa sih yang bilang orang film hidupnya enak?

Apalagi ketika mendadak ada cowok misterius yang datang di tengah kerumitan hidupnya. Apakah pria itu adalah penawar kutukan jomlo menahun yang ia sandang akibat profesinya yang terlampau mentereng?

- - - - - - - - - -

Kinar Ramona, seorang produser yang cukup dikenal di dunia perfilman. Hal ini karena memang karya dan prestasinya di bidang tersebut, tapi di sisi lain, hampir semua keluarganya juga merupakan pegiat film, mulai dari pemain, sampai orang yang berada di belakang layar. Sayangnya, masih banyak yang mengira Kinar mendapatkan hal ini dengan mudah alias lewat orang dalam.
"Hmm.. Aku nggak pernah menyebut film-film itu sebagai karyaku. Film itu kerja banyak orang." — P. 91
Almunt, seorang Chef Pastry di sebuah hotel ternama. Awalnya, dia sudah secara tak sengaja bertemu dengan Kinar di bandara, saat Kinar mau take off ke Bali. Tapi dia tak menyangka kalau ternyata, Kinar menginap di hotel tempatnya bekerja.


Di novel ini, jangna berharap banyak dapetin cerita romance yang bakalan bikin kita termehek-mehek. Karena di novel ini lebih banyak membahas dunia perfilman yang menurutku jarang orang tau. Apalagi di bagian belakang layar. Kebanyakan orang tau pasti pemeran filmnya, kehidupan aktor/aktrisnya, dan jarang banget membahas kehidupan orang di belakang layar dengan segala keribetannya.

Selama baca novel ini, memang ada beberapa istilah yang aku masih nggak paham. Tapi, tenang aja, nggak usah bingung. Di tiap awal bab, ada satu lembar yang isinya kamus film. Jadi di sana bakalan ada istilah-istilah yang kadang kita cuma sering ngomong, tapi nggak tau artinya. Selain itu ada juga sebutan buat para pemain di belakang layar, mulai dari Production House, sampe ke bagian Grading Colorist-nya. Jadi bener-bener mendalami banget. Nggak rugi deh beli bukunya, banyak ilmu yang bisa diambil di sini.

No comments:

Post a Comment