Sunday, November 3, 2019

[Review] Stay Ugly


Judul : Stay Ugly

Penulis : Kahlui

Penerbit : Clover

Tebal : 184 Halaman

 

"Aku yakin muka dan reputasi memang bagian dari seseorang, tapi nggak akan pernah mendefinisikan seseorang secara utuh."



BLURB

Sola menderita karena kutukan permanen yang membuat wujudnya terlihat jelek. Hidupnya penuh hinaan dan tatapan jijik dari orang-orang. Satu-satunya tempat yang mau menerima Sola tanpa peduli tampang, hanyalah ekstrakulikuler teater—Teater Hawe. Lalu ketika Teater Hawe terancam dibubarkan karena kekurangan anggota, tentu saja Sola akan berjuang supaya Teater Hawe bisa bertahan.

Akan tetapi, yang sama ngototnya menolak pembubaran hanya Yasha. Cowok tampan dan terkenal, yang keanggotaannya di Hawe menjadi misteri tak terpecahkan di sekolah. Sempurna. Terlalu sempurna karena sikapnya juga baik kepada Sola yang terbuang. Sola curiga, karena dia percaya bahwa orang yang benar-benar baik tidak mungkin wajahnya rupawan juga seperti Yasha.

- - - - - - - - -

Solaria Pakta Chandra, seorang perempuan yang menurut pandangan orang lain galak, menyebalkan, dan egois. Beberapa orang juga tahu kehebohan yang dilakukannya saat SD. Bagaimana tidak? Kelakuannya menyebabkan kehebohan dan mendatangkan Gardalor, petugas yang bertugas untuk mengatur kekacauan yang disebabkan oleh Demit.
"Kutukan artinya kamu terikat oleh sihir itu untuk selamanya, atau sampai orang yang memberikan kutukan itu mencabut kutukannya." — P. 2
Yudhistira Lakshada Dwipa, seorang cowok ganteng, yang sering dikira nyasar di Teater Hawe. Habisnya, Hawe tuh isinya orang-orang yang nggak terkenal, malah nggak terlihat mungkin, saking anehnya mereka. Nah, Yasha—panggilannya—satu-satunya orang yang di sana dan dia malah nggak pengen terlihat! Apalagi dia sendiri cukup tertutup dan cukup penurut.

Kali ini, anggota OSIS SMA Gandaloka memberitahu bahwa setiap ekstrakulikuler yang ada, harus beranggotakan minimal 4 orang. Hal ini tentu saja bikin Sola kalang kabut! Gimana nggak? Satu-satunya tempat yang bisa menerima Sola apa adanya. Akhirnya, Sola memutuskan untuk mempertahankan Teater Hawe dengan mencari anggota baru, tapi apa bisa mencari dalam jangka waktu seminggu? Apalagi Teater Hawe bukan ekskul yang terkenal. Apa yang akan dilakukannya?


Novel fantasi terbaik! Beneran. Soalnya aku bisa dibilang jaraaaaanngggg banget baca novel fantasi. Habisnya suka susah ngebayangin ceritanya, apalagi building world-ku kayak kurang banget gitu, jadi lebih memilih untuk mundur baca novel fantasi. Kali ini, aku memberanikan diri buat baca novel fantasi, soalnya pas aku baca blurbnya, seru banget! Dan ternyata bener dong!

Jadi, selama baca novel ini aku tuh suka banget! Apa ya, penuturan ceritanya tuh lengkap, meskipun aku sempet bertanya-tanya tentang karakternya, karena di sini nggak diceritakan begitu jelas. Jadi di beberapa bagian aku kayak bertanya-tanya. Tapi ada beberapa juga yang dijelasin, tapi nggak detil banget gitu.

Yang aku suka, novel ini tuh ngajarin kita buat belajar menahan diri, menahan diri dari emosi. Aku cukup suka sama sifatnya Sola yang maju terus pantang mundur. Meskipun pandangannya dia ke orang lain jadi negatif banget karena pengalaman masa lalunya. Belum lagi kalau dia udah nggak suka sama orang, semua yang dilakuin salah semua. Tapi sikap setia kawannya dia, patut diacungi jempol!

No comments:

Post a Comment