Thursday, May 17, 2018

[Review] Strange Marriage


Judul : Strange Marriage

Penulis : Liarasati

Penerbit : Kubus Media

Tebal : 330 Halaman

"Aku juga berjanji tidak ada lain kali."


BLURB

Jelita Adelia dan Abimana Sutowo pernah saling mengenal. Meski di ingatan Abi, Lita tak lebih dari cewek tengil, jahil, biang rusuh, yang selalu merusak harinya. Abi bahkan menyebutnya dengan sebutan khusus, setan cilik!

Bertahun-tahun berlalu situasi memaksa Abi untuk bertemu kembali dengan LIta. Namun, kali ini bukan sekadar pertemuan sambil lalu biasa. Pertemuan mereka terjadi di hari akad pernikahan. Ya, Abi dan Lita saling bersanding dengan status saah sebagai suami-istri.

Apa yang membuat Abi menerima Lita sebagai pendamping hidupnya? Dan apa pula yang akan terjadi di kehidupan pernikahan mereka selanjutnya?

- - - - - - -

Lita dan Abi, dua orang yang sama-sama terdesak untuk segera menikah. Lita yang baru aja ditinggal Doni, mantannya yang lebih milih mantannya daripada Lita, dan Abi, yang terus didesak agar segera menikah atau menikah dengan pasangan yang sudah dipilihkan Ibunya di kampung. Hal itu lah yang membuat Abi memilih untuk mengiyakan permintaan Wahyu, kakak Lita dan juga sahabat Abi.

Bagi Abi, Lita ini setan cilik yang terjebak di tubuh manusia. Gimana enggak? Sejak dulu, Lita selalu berhasil bikin Abi menuruti permintaannya, dengan cara baik-baik ataupun dengan ancaman. Tapi apakah Lita masih Lita yang lama?
"Itu hukuman. Pulang telat. Tidak membersihkan apartemen. Kamu pikir ini sudah jam berapa dan jam berapa kamu pulang tadi? Sejak awal aku sudah bilang, semua ada aturannya!" - P. 45
Lita, ternyata masih Lita yang lama. Yang judes, yang masih manja dan semaunya sendiri. Abi bahkan sampai geleng-geleng liat kelakuannya. Tapi, yang namanya hidup bersama beberapa waktu pasti bakalan membuat salah seorang atau malah dua orang ini punya perasaan terhadap pasangannya kan? Tapi apakah mereka bisa menyatu? Apalagi dengan kedatangan Doni yang terus mengganggu dan Vanessa, mantan Doni, yang terus berusaha menjatuhkan Lita?

Novel pertama kak Liarasati yang aku baca. Novel jebolan wattpad belakangan ini, udah nggak sekacangan dulu kok guys. Percayalah. Dulu santer banget kan, kalo buku dari wattpad itu nggak mutu, banyak adegan seks nggak pentingnya. Tunggu dulu. Mungkin dia nggak ngikutin perkembangan buku-buku wattpad. Aku, termasuk orang yang nggak ngikutin cerita di wattpad, dan mengikuti bentuk fisiknya. Jadi pasti tau dong, buku-buku berkualitas dari wattpad. Salah satunya ya punya kak Liarasati ini.

Di novel ini, menurutku sama kayak novel perjodohan atau menikah mendadak kebanyakan. Menikah karena sebuah alasan, dan kemudian mereka saling jatuh cinta. Tapi, tiap buku konfliknya beda-beda pastinya. Kalo di novel ini, Kak Lia berhasil membawa konflik, yang seru menurutku. Apalagi dengan kelakuan Lita yang kekanakan dan Abi yang dewasa. Nggak hanya itu aja, pelajaran tentang pernikahannya juga dapet. Bisa dibilang novel ini sama asiknya kayak baca Love in Chaos, tapi dengan alur yang berbeda.

Kalo di Love in Chaos kita kebanyakan dibawa serius. Karena tokohnya sudah dewasa. Kalau di sini, kita diajak ketawa ketiwi. Kelakuan Lita yang udah keder kalo Abi udah mulai tegas, dan Abi yang senewen kalo Lita mulai berulah. Dan itu kayak satu hiburan banget. Yah bisa dibilang, di sini kita juga diajarin, gimana caranya untuk merelakan masa lalu. Berhenti untuk bersikap seolah-olah kita adalah korban, padahal kitalah pelaku yang meninggalkan dia untuk yang lain.

Quotable :
"Sebuah pernikahan harus dilandaskan pada kepercayaan dan saling memahami. Harus menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing. Membicarakan semua permasalahan dengan kepa dingin dan cari solusi yang baik." - P. 177

No comments:

Post a Comment