Thursday, February 8, 2018

[Review] The Lady in Red


Judul : The Lady in Red

Penulis : Arleen A

Penerbit : Gramedia

Tebal : 357 Halaman

"...Tidak ada lagi pria yang lebih pantas untuk Rhonda daripada dirimu. Nana-mu yang tua ini tidak pernah sedetik pun meragukan hal itu."


 BLURB

Betty...
Sebenarnya tidak ingin bersekolah di sekolah
swasta yang mahal itu.
Bersekolah di sana hanya karena mendapatkan
beasiswa.
Tidak tahu bahwa itu akan mengubah hidupnya.

Robert..
Sebenarnya tidak suka bersekolah di sekolah
swasta yang mahal itu.
Bersekolah di sana hanya karena disuruh
orangtuanya.
Tahu bahwa itu memang jalannya ketika ia
melihat Betty.

Rhonda...
Tahu ia gemuk.
Tidak tahu bahwa ia menyukai Greg.
Tidak tahu bahwa Greg juga menyukainya.

Greg...
Tahu ia hanya pekerja di peternakan milik
keluarga Rhonda.
Tidak tahu apakah ia berhak menganggap
tempat itu rumah.
Tidak tahu apakah ia berhak menyukai Rhonda.

Tapi sejauh apa pun dirimu pergi
Sejauh apa pun perasaanmu menjauh
Selalu akan ada tempat yang menarikmu pulang
Selalu akan ada hari yang menarikmu kembali.

- - - - - - - -
Betty, adalah seorang anak perempuan yang tinggal di Amerika, walaupun dirinya adalah keturunan Tiongkok. Karena orangtuanya pindah ke Amerika dan menetap di sana, jadilah dia juga lahir di Amerika. Selama ini, Betty bersekolah di Fort Bragg Public School. Sekolah yang berisi anak-anak yang orang tuanya bekerja biasa-biasa saja. Tapi, karena kecerdasannya, dia mendapat beasiswa di Redwood High School. Sekolah yang berisi anak-anak orang kaya. Hal inilah yang ditakutinya, karena takut bila dia tidak bisa diterima oleh anak-anak yang ada di sana.

Robert, anak pemilik peternakan. Selama ini, dia berharap bisa bersekolah di Public School. Karena selama bersekolah di Redwood Private School, dia merasa tidak bangga. Selain karena teman-temannya adalah anak orang kaya yang selalu berlagak. Sehingga dia merasa tidak nyaman. Tapi, saat dia memasuki kelas 10, tampak seorang anak perempuan yang tidak pernah dia lihat sebelumnya. Dan yang jelas dia bukan murid lama di Redwood. Hal inilah yang membuat Robert sangat penasaran.

Dalam waktu berjalan, Betty dan Robert tidak pernah sekalipun berbicara satu sama lain, padahal duduk mereka sangat berdekatan. Hanya dibatasi oleh meja sekolah. Hingga satu ketika, Robert memberanikan diri mengajak Betty berbicara saat pertemuan mereka di perpustakaan Fort Bragg. akhirnya hubungan keduanya pun makin dekat.

Rhonda dan Greg, dicerita ini, diceritakan mereka adalah cicit dari Betty dan Robert, dan juga Burk dan Jane, Burk yang merupakan pekerja di Wotton Farm, peternakan milik Robert yang sudah dianggap saudaranya sendiri.

Karena dari kecil mereka bersama, tumbuhlah perasaan cinta yang tidak keduanya sadari. Bahkan Greg merasa tidak pantas bersama Rhonda. Hal inilah yang membuat Rhonda menjauh.

Novel ini, novel kedua karya Arleen yang aku baca. Kukira awalnya ini bercerita tentang 4 sahabat yang sedang jatuh cinta. Tapi kemudian aku salah. Hahaha.. Ternyata mereka sudah jadi cicit. Novel ini dibagi menjadi beberapa bagian. Bagian awal tentu saja bagian Betty dan Robert. Bagian kedua, adalah bagian Rhonda, bagian ketiga adalah bagian Greg, dan yang terakhir adalah bagian Brandon. Pacar Rhonda yang hampir menikah dan membuat kesalahan besar.

Novel ini cukup menarik, karena mengambil setting luar negeri. Nggak usah bingung karena bagaimana bisa jadi cicit, karena akan ada bagan yang menjelaskan keturunan-keturunan mereka. Kalo aku sih nggak baca, tapi, so far, nggak baca pun nggak ada pengaruhnya. Ada satu pesan yang aku tangkap di sini. Bahwa kita nggak boleh licik kalau mau mengambil sesuatu. Dan juga, kalo suka sama orang ya disampein. Kalo ditunda-tunda terus, kapan dong jadinya? Hahaha..

Dan kalau ditanya, kenapa kok judulnya The Lady in Red? Jawabannya adalah, karena Betty keturunan Tiongkok yang suka memakai baju warna merah. Dan sisa alasannya bisa dibaca sendiri.

No comments:

Post a Comment